Inspirasi Hidup Ringan

Sekarang, saya berbincang tentang hidup ringan.

Hidup ringan adalah hidup tanpa beban. Jika ingin hidup ringan, saya harus membuang berbagai beban.

Semua orang ingin ringan.

Gadget yang bagus adalah gadget yang ringan. Lenkap tapi ringan. Semula orang memilih tablet, namun kemudian ada adroid, maka mereka memilih android. Seorang teman saya ingin menjual tablet miliknya dan ingin menggantinya dengan android. Alasanya, android lebih ringan. 

Saya baru saja membaca buku yang membongkar rahasia kesuksesan perusahaan Google, situs paling banyak dikunjungi di dunia, dan menjari rangking satu versi alexa, ini karena google berusaha memberikan keringanan kepada pengguna dan tidak membuat mereka berat. Google menyederhanakan tampilannya. Hanya sebuah kolom tempat orang melakukan pencarian, tidak memberikan penampilan terlalu mewah. Google hanya memberikan tampilan seperlunya. Mengapa? supaya pengunjung menjadi ringan.

Seketika terigat kepada si Kakek dalam film Up. Namanya kakek Frederick. Waktu rumah terbangnya sampai ke daerah air terjun surga, Si Kakek butuh rumahnya terbang lagi untuk menolong Si Russel. Namun sudah tak bisa, karena beban rumah sudah lebih berat dari balon yang tadi menerbangkannya. Tadinya daya angkat balon itu masih kuat, namun sekarang, daya angkat gas helium di dalamnya semakin berkurang, dan banyak dari balon itu yang sudah pecah. Namun seketika, Si Kakek mendapatkan ide cemerlang. Dan idenya itu segera dia jalankan. Dia mendapatkan ide untuk membuang segala barang-barang di rumahnya. Dari mulai foto-foto mendiang istri tersayangnya, kursi tempat dia duduk bersama, lemari, meja rias, dan segala hal, termasuk buku petualangan yang sangat dia keramatkan bersama istrinya, dia buang. Semua isi rumah dia buang, dan tiba-tiba, rumahnya menjadi ringan, dan karenanya, rumah itu kembali bisa terbang. Si Kakek membuang segala masa lalunya, dan fokus kepada kekinian. Istrinya adalah masa lalu, dan karena itu, barang-barangnya adalah masa lalu. Sekarang adalah masa tua, maka kehidupanya adalah tongkat. Maka dia hanya membutuhkan tongkat. Teman hidupnya adalah si Russel, pramuka kecil yang sangat butuh mendapatkan tanda di selendang pramukanya dengan cara menolong. Maka tugas si kakek sekarang, adalah menolong si Russel untuk menolong.  Menurut saya, film ini inspirasi tentang bagaimana hidup ringan. Sudah beberapa kali saya menontonnya, dan tidak pernah bosan. Saya putar film ini di depan anak saya, sambil menceritakannya, dan saya putar juga di depan para siswa, dan mereka suka. Dan sekarang, saya pun kembali menceritakannya di depan Anda. Itu karena saya ingin, anak saya, siswa saya, dan bahkan Anda, mendapatkan inspirasi bagus dari film ini, antara lain, inspirasi tentang bagaimana supaya bisa hidup ringan.

Apa saja yang bisa menjadi beban?

Dunia adalah beban.
Keinginan dipuji adalah beban.
Kesombongan adalah beban
Berbagai buruk sangka adalah beban
Kenangan buruk seseorang
Keinginan dihargai
Segala keinginan
Dendam
Cinta dunia
Keraguan
Terlalu banyak rencana
Terlalu banyak keinginan
Terlalu banyak pikiran adalah beban. Beban ini membuat saya tidak fokus kepada apa yang sedang saya kerjakan sekarang. Beban ini menghambat saya dari hidup mengalir lancar.

Dengan membuang semua itu maka hidup akan ringan.

Perjalanan ini sangatlah jauh, kita butuh ringan dalam melangkah, dan karena itu harus mengurangi beban.

Ada lagi yang bisa membuat hidup ringan
Yaitu rasa berserah kepada Allah
Rasa tawakkal kepada Allah

Ini baru draft kasar saja dan belum saya terangkan secara mendalam. Sekedar berbagi inspirasi dengan Anda siapa tahu Anda punya ide tambahan untuk perbincangan yang ingin saya ketengahkan.

Related Posts:

0 Response to "Inspirasi Hidup Ringan"

Post a Comment