Berkembang sampai kapan?

Waktu itu Guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih sangat belia ,pertengahan lima belas  kurang lebih.Belum ada uban satu helaipun pada rambutnya.Yah banyak anak kelepek-kelepek kalau lihat  beliau pada waktu itu.Bukan karena terpesona, mungkin kesurupan setan penunggu pohon bawang ha...aku sepertinya tidak termasuk.Masalahnya aku cowok dan guru PKn juga sama.
Waktu mendengarkan cerita itu,aku terduduk .khusyu mendengarkan bersama dengan teman sekelas.Seisi penghuni biasanya rame tapi kali ini terdiam ,mendengarkan.
"Bapak,pernah dengar Guru Bapak dulu bilang gini..." Ditengah pelajaran yang menjenuhkan guru ini mulai bercerita.
"Dengar apa pak?" Marwan anak paling bandel pun tersihir omongan bapak yang satu ini.
"Waktu zaman bapak seusia kalian ,tahun 83an .Menurut guru bapak ,Indonesia termasuk negara berkembang.."
"Oh begitu pak?" Aku ikut bicara.
"Yah begitu, nah sampai sekarang coba hitung berapa perbedaan waktu saat bapak mendengarkan cerita ini dulu ,dan saat bapak menceritakannya kembali ,sekarang"
"Dua puluh tahun pak!"Marwan bersuara paling kencang.
"Betul,sekarang pun bapak akan katakan bahwa Indonesia adalah negara berkembang"
"Kenapa bisa begitu pak?" Aku berani bertanya,keheranan.
"Bapak sebenarnya bingung berceritanya, berarti sebenarnya Indonesia tetap tidak ada perubahan sejak waktu itu "
Anak-anak waktu itu hanya bisa menjawab ah dan oh...
Oh INDONESIAKU....


Related Posts:

2 Responses to "Berkembang sampai kapan?"

  1. Haahh, bagus,
    Cukup buat saya berpikir juga Ang
    Ini sepertinya kisah nya Ang. Saya suka tulisan Anda karena Anda menulis apa adanya
    Memang setiap orang itu punya kelebihan

    ReplyDelete